Monday 14 February 2011

Eksotisme Indonesia : Pantai Pangandaran

Pangandaran, pantai cantik di ujung selatan Ciamis. Setelah begitu lama hanya mendengar keindahannya dari cerita teman dan dari cerita di dunia maya, akhirnya akhir minggu ini saya kesampaian juga untuk mencicipi keindahan pantai Pangandaran. Pangandaran adalah salah satu mutiara yang terserak di bumi khatulistiwa ini. Harta yang sangat berharga bagi Indonesia

Rute kali ini yang saya lewati adalah Jakarta-Bandung-Ciamis-Banjar-Pangandaran menggunakan Bus umum dan kendaraan pribadi. Selama menikmati keindahan sisi selatan Pulau Jawa ini, saya sempat menikmati berbagai objek wisata yaitu :

1. Green Canyon.
Green Canyon ini ada di sisi barat dari Pangandaran, tepatnya terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang kurang lebih 25 Km dari Pangandaran. Cukang Taneuh adalah nama asli dari Green Canyon. Pengalaman yang kami dapatkan di sini sungguh mempesona hati. Pada hari itu Green Cnyon tidak tampak hijau, karena menurut informasi baru saja terjadi hujan sehingga aliran air tercampur oleh lumpur sehingga menjadi coklat dan cukup deras. Namun hal ini tidak menghilangkan pesona dari Green Canyon dengan apitan dua tebing di sisi kiri dan kanan aliran sungai. Stalaktit dan stalagmit yang ada di sisi-sisi dinding tebing sungguh menggoda untuk dihampiri.
Namun ternyata petualangan kami baru saja akan dimulai. Sesampai dibatas perahu , mas pemandu perahu menawarkan perjalanan menyusuri sisi tebing dengan terjun masuk ke sungai yang cukup deras saat itu (habis hujan dengan lumpur coklat), cukup menakutkan dengan derasnya aliran, namun nyali teman-teman malahan tertantang dan akhirnya kami mengiyakan tawaran mas pemandu.

Perjalanan selanjutnya yang hanya sekitar 1 Km dengan menyusuri sungai ini, tenyata menjadi petualangan yang cukup menegangkan. Melawan arus sungai yang tenyata sangat deras sungguh tidak mudah, apalagi tanpa adanya pijakan untuk melangkah. Berkali-kali kami haru melawan derasnya arus hanya dengan menggunakakan kaitan tangan di pinggir tebing, berkali-kali pula kami ikut terbawa arus sehingga harus mengulangi menyusuri tebing-tebing itu. Namun setiap kali mencapai batu yang menjadi tempat istirahat seteleh melewatia rus yang cukup keras, kami terus terpacu untuk naik keatas aliran sungai.
Setelah melalui perjuangan yang sangat keras melawan arus akhirnya kami mencapai aliran yang sudah cukup atas. Disini kami langsung terjun ke arus dan ikut aliran untuk kebawah menuju perahu kami. ditengah perjalanan pulang, adrenalin kami kembali ditantang untuk terjun dari batu yang bentuknya seperti jamur denga ketinggian kurang lebih 4-5 meter ke dalam sungai, tentu saja kami mengiyakan untuk terjun, cukup menakutkan, namun mampu membayar rasa penasaran dan melepaskan adrenalin.
Waktu yang berjalan satu jam itu sungguh mempesona saya, meskipun tidak berhasil melihat hijaunya aliran sungai di Green Canyon, namun petualangan menembus aliran sungai yang deras mampu mengobati kekecewaan kami.
Karena saat itu berbasah-basah ria, saya tidak membawa oleh-oleh gambar dari Green Canyon.
kalo mau liat gambar Green Canyon disini
sewa perahu : 75ribu rupiah untuk 5-6 orang per perahu
pemandu untuk menyusur sungai : 25ribu per orang bisa nego
kalo mau mencoba atraksi lain ada di Green Canyon yaitu dengan body rafting. untuk bisa body rafting kita harus cukup pagi sampai di sana maksimal sebelum dhuhur, karena body rafting mencapai waktu tempuh sekitar 4-6 jam perjalanan. untuk body rafting kemarin kami ditawari 875ribu untuk 5 orang
Rute akses Green Canyon.
Green Canyon dapat diakses melalui jalur darat dari Pangandaran ke arah barat. Kebetulan kami menggunakan kendaraan pribadi jadi lebih mudah. Namun kalo mau menggunakan angkutan umum, gunakan saja bus yang menuju ke Cijulang dari terminal Pangandaran. Jalan akses menuju ke Cijulang dapat dikatakan cukup rusak saat ini sehingga harus hati-hati dalam berkendara.

2. Pantai Batu Karas
Pantai Batu Karas terletak di jalur yang sama dengan Green Canyon, tinggal meneruskan dari Green Canyon sekitar 6 Km. Pantai Batu Karas adalah sebuah pantai dengan arus laut yang tenang dan pantai yang landai dengan pasir berwarna hitam yang cukup panjang. di ujung kedua sisi pantai terdapat karang yang cukup tinggi sehingga kita bisa melihat ke arah laut luas.
Saat berada di pantai Batu Karas tentu saja kita bisa memilih wisata air semau kita. Disini kami mencoba untuk menggunakan Banana Boat, dengan hasil nego,akhirnya dengan 30ribu per orang kita bisa muter-muter selama 30 menitan disini. Selain Banana boat masih banyak wahana lain yang kita pilih sesuka kita, jangan lupa untuk nego dulu untuk dapat harga terbaik. Untuk memeasuki wilayah Pantai Batu Karas, kita (pake minibus) kena tiket 27ribu, jenis kendaraan lain harga beda. Di pantai Batu Karas akomodasi cukup memadai dengan berbagai warung di pinggir pantai dan berbagai hotel tinggal pilih saja sesuai budget dan kebutuhan.
oleh-oleh dari pantai Batu Karas (pakai kamera HP)

2011-02-12 15.11.36

2011-02-12 15.11.21

3. Pantai Pangandaran
Tujuan terakhir kami adalah pantai Pangandaran. Kami sampai di pantai Pangandaran sudah sore karena sudah mengunjungi Green Canyon dan Pantai Batu Karas lebih dulu. Samapi di Pangandaran pas saat sunset sehingga kami berhenti sejenak di pantai barat Pangandaran untuk menikmati indahnya tenggelamnya matahari di ufuk barat.
Karena waktu udah malam kami langsung menuju ke penginapan yang sudah kami bookin sebelumnya, karena pas weekend untuk mengantisipasi penuhnya penginapan. Kami mendapat penginapan seharga 350ribu dengan 3 bed dan AC, lumayanlah karena posisinya deket pantai barat dan timur serta cagar alam.
Pada pagi hari kami langsung menuju ke pantai timur menunggu matahari terbit, tapi sayang pagi itu matahari enggan menampakkan senyumnya. selanjutnya kami menuju cagar alam. tiket mausk cagar alam adalah 7000rupiah per orang.
Cagar alam menyuguhkan berbagai objek wisata bagi wisatawan diantaranya adalah berbagai gua, pantai dan hewan alam liar.

2011-02-13 08.43.25
objek di Cagar Alam Pangandaran

2011-02-13 09.10.09 penghuni cagar alam : monyet
monyet menjadi penghuni utama cagar alam Pangandaran, monyet ini bebas berkeliaran disini. Tidak usah membawa makanan dan minuman daripada dirampok oleh monyet-monyet ini

2011-02-13 08.57.17 penghuni cagar alam : rusa
penghuni lain dari kawasan cagar alam Pangandaran adalah rusa. Rusa-rusa ini juga dibiarkan bebas berkeliaran, jadi jangan kaget apabila hotel anda dekat cagar alam, maka pada malam hari akan banyak rusa yang berkeliaran dekat hotel anda.

2011-02-13 09.58.05

2011-02-13 09.58.40
pantai pasir putih

2011-02-13 10.01.05

Rute Akses Pangandaran
Pantai Pangandaran bisa diakses dari Kota Banjar menuju arah selatan, petunjuk arah yang ada di jalan cukup representatif untuk membimbing para pengendara menuju Pangandaran. Untuk pengguna angkutan umum, dari Jakarta kita bisa menggunakan bus Primajasa dari Lb Bulus menuju Tasikmalaya dengan tarif 40ribu. dari Tasikmalaya bisa menggunakan bus dengan jurusan Pangandaran yang cukup banyak, paling banyak adalah Bus Budiman yang juga menuju ke Cijulang.

Selain obyek diatas, sebenarnya masih banyak tempat yang pengen dikunjungi yaitu
- Citumang
- Pantai Batu Hiu

assalamu'alaikum wrwb..kapan2 pengen kesini ah.amin

alifur said...

boleh tuh... bagus banget lho

Novia Elisa said...

Salam..

keren banget..
smg suatu hari bisa kesana..

zee said...

Ah. Indonesia memang punya banyak sekali pantai indah.

Sudah lama saya tidak main ke pantai. Pengen banget bisa berenang bebas seperti kecil dulu tanpa takut kulit gosong. Kalo sekarang jadi mikir, maklum kulit cenderung kering dan lambat regenerasinya. Jadi takut hitaaammm.... :D

@novia
salam juga.
hehehe, banyak pantai yang wajib dikunjungi di Indonesia.

@zee
betul sekali, apalagi yang masih belum terjamah. masih oke dan bersih.
kulit gosong??? bule aja pada mau tuh.

Bali Property said...

subhanallah.
indah banget ya wisata di pangandaran. pantainya enak banget buat bermain pasir. aku jadi pengen menikmatinya.
Bali Villas Bali Villa

yuni cute said...

Woww.. keren abis pantainyaa... andai saja Pantai kenjeran Surabaya sebersih pantai ini... *lemes bayangin pantai kenjeran yang jauhhh dari indah*
pengen kesanaaa..... :D

@Bali
@Yuni
boleh dicoba tuh jalan-jalan ke pangandaran

julie said...

sepertinya memang layak kunjung nih

alifur said...

@julie iya julie, untuk ukuran pulau jawa memang udah bagus.

Rin said...

HUaa... saia suka pantaai.. :D

Chici said...

Ini juga nggak kalah keren dari balige mas :D
pengen maen kesana juga
*mupeng

alifur said...

@rin suka pantai juga nih
@chici hehehhe, boleh di coba jalan2 kesini

Mirna said...

pengen banget travelling backpackers explore indonesia...tapi kadang2 ga tau mau kemana..

thank u udah ngasih info ttg pantai pangandaran

alifur said...

@mirna yang dijawa aja ga habis buat sebulan dijelajahi.

mamah Aline said...

pangandaran tempat libur favorit saya, eksotis alam dan lautnya ya

@mamah aline
iya nih, pangandaran bagus, rame banget sekarang.

Bintang said...

Informasinya menarik banget!
Rasanya saya harus berkunjung kesana deh, berhubung sekarang sedang tinggal di Garut, tinggal setengah perjalanan lagi yang harus saya lakukan ya...
:D

ysalma said...

menggoda sekali pemandangannya,,
belum juga kesampaian kesana,,
kapan yaa :(

mypangandaran said...

Ada rencana berkunjung ke Pangandaran?

Dapatkan informasi wisatanya segera disini. Anda juga bisa membeli souvenir khas pantai Pangandaran disini.

Pangandaran Online - Informasi Wisata dan Regional Pangandaran

Sebuah situs informasi tentang wisata dan Informasi Regional di Pangandaran dan Sekitarnya, Hotel Pangandaran, Souvenir Pantai, Pernik pantai, Kerajinan Tangan Pantai, Booking Hotel, Pesan Hotel, Wisata Pangandaran, Restaurant, Pangandaran,Ciamis, Cagaralam, pasir putih, wisata, pemekaran, dll

Salam dari

Pangandaran

yuyuk said...

duuh pantai lagi ... mendadak desperate pengen kepantai :((

dika said...

mampir pak :)

pemandangannya bagus2 yak,, jadi pengen jalan-jalan.. :)

sambil ngiklan ya.., siapa tau di antara pengunjung di sini ada yang mau ikut donasi untuk pendidikan. bisa dilihat di http://sekolah-adzkia.blogspot.com

*thank you for dropping by pak :)

Most Beautiful Place said...

yang paling banyak pengujungnya apa gan..?

Outbound di Malang said...

salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)

safety said...

Wah indahnya Indonesia....
Salam hangat Indonesia

Anonymous said...

Hey, I think your site might be having browser compatibility issues.
When I look at your blog site in Opera, it looks fine
but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.

I just wanted to give you a quick heads up!
Other then that, very good blog!

Also visit my weblog louis vuitton handbags on sale

Anonymous said...

[b][url=http://www.beatsbydresea.com]Beats Dr Dre[/url][/b] it can be high-speed, Simple and should only require enter a few pieces of information. guarantee that you've made the booking at the most appropriate outlet turn out to be unobstructed while positioning the device correct up until. see regarding in their grocer that you've made a booking. the entire Jabra Headset A Brand you can trust with respect to headsets, If product,for the air conditioning play one, whether it be to pleasure or business, you will want brand you can rely on. you expect that extraordinary readability both from headsets and older the microphone and in addition you wa cut price beats by dre t a brand will certainly last simply by each of your pair of headphones purposes. selection is clear splendid pair of headphones be confident.

[b][url=http://www.beatsbydrekings.com/]beats by dre[/url][/b] Dphones, Dre in height idea dojo earphones dunkle, bright readily obtainable, monster dre surpasses britain along. beats by dr dre are discounted stage. adjacent to Mrs. needless to say, you'll have to pay some more when compared to a for few headsets of kind of. in general the charge is tripled from the common headsets price and you'll discover the data and testimony from an additional patients when becoming a member of a web community. the majority of the firms wouldn't normally give you the potential to test the headphones, So this is the only method to test his large quality,

http://www.beatsbydresea.com Valgmulighedserne meant for fundamentalt uendelige t disse entusiasteinen og des beslutsomhed temmelig beundringsv utroligt mindst. Cosplay begyndte located at erhverve kloden opm omkring 1900 Udtrykket Cosplay, a littl ser blot en sammitr orde "fancy dress" og "engage, Blev oprindeligt opfundet af en kunstner ved navn november Takahashi i en discipline misinformation konvention er sydlige Californien i 1984 is better than simply doctor. Dre studio Kobe Bryant bank option Hovedtelefoner,

Anonymous said...

I love it whenever people get together and share thoughts.
Great site, keep it up!

Feel free to surf to my site: rolexスーパーコピー

Anonymous said...

I’m not that much of a online reader to be honest but your sites really
nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back later. All the best

Also visit my blog post: tao of badass

Anonymous said...

buy celebrex tadalafil I consider, that you are not right. I am assured. Let's discuss it. Write to me in PM.

I think this is one of the most vital information for
me. And i am glad reading your article. But wanna remark on few general things,
The web site style is great, the articles is really nice : D.

Good job, cheers

Take a look at my web blog: Replica Rolex

jimmy said...

please visit www.skytravelblog.com

ruko herbal tasikmalaya said...

selain indah, pangandaran tempatnya nyaman banget .,.