Sunday 10 February 2008

Langkah memulai investasi di reksadana

Krisis subprime mortgage terdengar gaungnya di Indonesia meskipun terjadi di negara abang sam sana, bahkan sempat merontokkan bursa saham di seluruh dunia termasuk indonesia. Harga-harga kebutuhan pokok ikut merangkak naik pula. Menambah derita kita adalah bencana yang terjadi dimana-mana. Tapi dibalik itu masih ada peluang untuk kita berinvestasi di tahun 2008 ini.
Deposito dari bank sudah tidak menjadi pilihan lagi, karena tingkat bunganya yang hanya +/-6% dan tingkat inflasi yang mencapai kisaran 6,8% praktis tidak memberikan keuntungan apa-apa bagi investornya. Namun masih ada peluang bagi kita untuk berinvestasi di reksadana, khususnya saat ini yang menjadi primadona adalah reksadana saham. Berinvestasi di reksadana itu gampang-gampang susah. Ada juga resiko yang dihadapi, sama seperti berinvestasi di bidang lain.

Dari pengalaman(masih dikit sih pengalamannya) dan hasil membaca berbagai literatur, ada beberapa langkah dalam memulai untuk berbelanja reksadana. Ini beberapa langkahnya.
1. Kenali
Kenali dahulu apa itu reksadana dan seluk beluknya, jangan sampai kita membeli kucing dalam karung, jangan sampai kita tidak tahu apa sih sebenarnya yang kita hadapi. Dengan mengenali apa yang kita hadapi kita dapat mengetahui resiko yang bakal kita hadapi serta keuntungan yang bakal kita capai. Kita dapat mengetahui tentang reksadana dari berbagai buku yang tersedia di berbagai tempat. Jadi, kenali dia, tahu resikonya, dapatkan keuntungannya.
2. Pilih
Pilihan kita atas reksadana akan menentukan gain yang kita dapat. Karena pilihan kita menentukan siapa yang bakal meneglola dana kita, kalo pilihan kita tepat maka dana kita akan dikelola dengan baik dan bakal sesuai tujuan yang kita harapkan. Untuk tips memilih reksadana bakal ada pada postingan berikut. Jadi, jangan salah pilih.
3. Mantapkan
Mantapkan diri kita untuk berinvestasi di reksadana, jadi setelah kita mengetahui dan memilih reksadana, kita harus memantapkan diri kita untuk berinvestasi. Kalo tidak memantapka kita bakal hanya sampai pada level memilih-milih saja dan menunggu saja karena bakal banyak pertimbangan ini dan itu. Kita harus memantapkan diri serta bersiap menanggung untuk menanggung resiko dan keuntungan. Mantapkan diri dan raih keuntungannya.

Semoga tulisan diatas dapat sedikit bermanfaat khususnya untuk saya sendiri dan semua pembaca blog ini. CMIIW.

No comments: